Apa Itu Freelance? Pahami dan Ketahuilah Informasi Lengkapnya

Apa Itu Pekerja Freelance – Dengan semakin berkembangnya teknologi, terjadi banyak perubahan dalam beberapa hal, khususnya dari sisi profesi pekerjaan entah dari sisi upah, jam kerja, lokasi kerja, dan juga posisi pekerjaan.

Dengan berkembangnya teknologi, peluang untuk menambah penghasilan menjadi lebih fleksibel, salah satunya adalah dengan menjadi pekerja freelance. Temen-temen juga pastinya bisa menambah penghasilan dengan menjadi Freelancer.

Kita selami lebih jauh yuk, kita simak bersama ya artikel di bawah ini.

Apa Itu Freelance?

Freelance adalah pekerjaan lepas, maksudnya tidak terikat secara kaku oleh waktu kerja, absensi kehadiran, tempat, dan biasanya bersifat sementara atau pekerjaan sekali jadi.

Pekerja Freelance biasa disebut dengan Freelancer

Kontrak untuk para Freelancer ini ini umumnya berisi tentang waktu pengerjaan, spesifikasi design, upah, project, dan lain sebagainya.

Gaji atau biaya untuk para freelancer ini akan sangat bervariasi tergantung dari jam terbang dan kesulitan suatu proyek, bahkan bisa melampaui gaji pekerja kantoran.

Dari pengertian tersebut tentunya Anda sudah memahami terkait dengan apa itu freelance bukan?

Keunggulan dan Kelemahan Freelancer

Menjadi seorang Freelancer tentunya ada kelebihan serta kekurangan sebagaimana ajan kami jelaskan di bawah ini:

Keunggulan:

Prospektif

Kebutuhan akan freelancer semakin meningkat. Kita buktikan dengan bermunculannya website freelance Indonesia kita sebut saja ada Sribulancer dan Fastwork. Di luar negeri sendiri yang sangat kita kenal seperti Fiverr dan Upwork Dengan begitu kesempatan semakin tinggi untuk bisa menjadi pekerja freelance.

Tidak Terikat Oleh Jam Kerja

Penilakai pekerjaan seorang freelance bukan berdasarkan dari absensi kehadiran di kantor, tetapi dari hasil kerjanya. Faktor inilah yang membuat pekerjaan dari seorang freelancer sangat cocok untuk anda yang mempunyai waktu terbatas.

Bebas Tempat Bekerja

Dengan Anda sebagai seorang freelancer tentunya mempunyai keuntungan yang tidak wajib hadir secara langsung ke kantor. Faktor ini menjadikan pekerjaan ini cocok untuk mahasiswa, dan juga para pelajar yang ingin mendapatkan tambahan uang saku.

Quality Time

Bayangkan saja apabila Anda bekerja di dalam rumah serta mempunyai penghasilan yang tinggi. Tentunya pasangan dan anak Anda akan senang hati dengan hal itu bukan? Pekerjaan ini sendiri tidak berbeda jauh seperti dengan menjadi seorang investor. Hanya saja sebagai seorang Freelancer tentunya akan selalu menguras pikiran dan ide di dalam melakukan pekerjaannya. Sedangkan para investor bisa menikmati uang dan waktu yang terus mengalir dengan cara passive income.

Pendapatan

Freelance adalah pekerjaan yang gajinya bersifat tidak tetap atau fluktuatif. Pendapatan dari pekerjaan freelance dipengaruhi oleh faktor seberapa banyak proyek yang dapat diselesaikan. Sehingga hal ini bisa membuat seorang freelancer bisa mengatur sendiri banyaknya pekerjaan mereka.

Kompetisi Sehat

Saat ini kompetisi di dunia Freelancer bisa kita katakan sangat sehat. Para Freelancer bersaing untuk menyediakan layanan terbaik untuk klien. Khusus untuk para Freelancer pada suatu Platform katakanlah seperti Fastwork pastinya diatur dengan regulasi platform dengan baik sehingga para pengguna merasa damai dan nyaman.

Apa itu Freelance

Kelemahan:

Sulit Bersosialisasi

Akibat tidak memiliki kantor, maka umumnya seorang Freelancer bisa saja mengalami kesulitan untuk mempunyai teman dan susah untuk bersosialisasi.

Status Sosial

Bagi sebagian orang, khususnya generasi yang berada di atas tahun 80-an, tentunya sebuah pekerjaan dan jabatan yang settle di satu perusahaan merupakan sebuah keharusan. Sehingga hal ini sering sekali menimbulkan kesalahpahaman bahwa seorang Freelance adalah pengangguran.

Hilangnya Inspirasi

Bukan menjadi hal yang tidak mungkin bagi seorang freelancer untuk kehilangan sebuah inspirasi di pekerjaannya akibat dari banyaknya proyek yang berasal dari berbagai industri. Hal ini yang nantinya sering sekali dialami bagi mereka yang berada di sebuah perindustrian kreatif, misalnya saja web developer, content writer, dan lain sebagainya.

Fasilitas Pendukung

Karena tidak terdapat adanya keterikatan tetap dengan suatu perusahaan, maka seorang freelancer umumnya tidak akan mempunyai sebuah asuransi ataupun fasilitas dari kantor yang lainnya.

Pembayaran Macet

Tentunya setiap customer mempunyai karakter yang berbeda-beda, ada yang menyedihkan dan ada pula yang menyenangkan.

Bagi pemula, seorang Freelancer bisa mendapatkan pengalaman terburuk di dalam kasus upah kerja yang mungkin mereka peroleh.

Upah kerja tersebut terkadang mundur dari waktu yang seharusnya. Hal tersebut dikarenakan ketidakpuasan dari customer terkait hasil yang tidak sesuai dengan keinginannya akibat Anda sebagai seorang Freelancer yang tidak dapat memenuhi ekspektasi customer tersebut.

Freelancer vs Karyawan Biasa

Umumnya para karyawan yang bekerja secara penuh akan bekerja di hari Senin hingga Jumat dengan jumlah jam kerja antara 7 hingga 8 jam per hari. Karyawan biasa ini umumnya mempunyai gaji yang tetap per bulannya dan tentunya wajib bekerja sesuai dengan tempat yang kerja seperti ruko, kantor, ataupun pabrik. Hal ini tentunya berbeda dengan freelance karena mempunyai fleksibilitas dari sisi lokasi, pekerjaan, ataupun jam kerja.

Kerjaan Freelance | beberapa contoh

Apakah Anda sedang kesulitan di dalam menemukan sebuah ide menarik dan sesuai untuk memulai suatu kerjaan freelance? Tenang saja karena di sini sudah kami berikan beberapa contoh pekerjaan yang seringnya menjadi kerjaan freelance. Pekerjaan tersebut adalah misalnya ghost writer, content writer, proofreader, barista, konsultan bisnis, guru les privat, pemandu wisata, jasa digital marketing, jasa penerjemah, data entry, fotografer, data mining, dan juga desain sebuah logo, produk, website, dan lain sebagainya.

Skill dan Syarat yang Harus Dikuasai Agar Bisa Menjadi Seorang Pekerja Freelancer

Ketika Anda sedang mencari sebuah lowongan kerja freelancer, tentunya harus memastikan terlebih dahulu apakah sudah mempunyai beberapa skill set dasar seperti di bawah ini:

  1. Cepat Beradaptasi. Dengan Anda sebagai seorang Freelancer tentunya terdapat tuntutan untuk bisa cepat beradaptasi. Hal itu dikarenakan ketika sedang berada di dalam suatu proyek yang telah kita peroleh, maka Anda akan dituntut untuk dapat bekerja dengan tepat dan cepat di bawah tekanan. Terdapat banyak sekali variasi dari proyek yang nantinya akan Anda tangani tergantung dari industrinya. Oleh karena itu, para Freelancer harus bisa cepat beradaptasi agar pekerjaan proyek bisa lancar.
  2. Profesionalitas Serta Komitmen Kerja. Sebagai seorang yang bekerja secara freelance tentunya harus bisa memperkirakan waktu yang kita perlukan untuk bisa mengerjakan suatu proyek. Pastikanlah bahwa proyek yang sedang berjalan tersebut tidak mengganggu aktivitas atau proyek lainnya supaya bisa selesai sesuai dengan target.
  3. Mempunyai Skill atau Keahlian Tertentu. Skill di dalam bidang tertentu adalah sebuah dasar untuk dapat menjadi Freelancer. Keahlian itulah yang nantinya akan menjadi daya jual serta daya tarik terhadap client. Apabila semakin tinggi keahlian seseorang, maka akan semakin tinggi pula daya jual apabila hendak melakukan sebuah kerjasama bersama dengan client di dalam suatu proyek. Itulah sedikit informasi terkait dengan menjadi pekerja Freelance yang bisa menambah pengetahuan Anda. Semoga dengan adanya informasi tersebut membuat Anda tidak memandang sebelah mata atau memandang seorang Freelancer sebagai pengangguran.

Lowongan Kerja Freelance

Sebagaimana telah kami sampaikan di atas dari jenis platform maupun jenis kerjaan freelance, selanjutnya kita tinggal masuk ke website penyedia jasa freelance tersebut dan menganalisa skill apa yang bisa kita jual.

Selanjutnya konsisten dan bersabar serta selalu berusaha meningkatkan skill dan kualitas hasil kerja, agar mendapatkan kesuksesan di dunia freelancing.

Action Sekarang

Udah siap nih, mau jadi Freelancer, jangan ragu untuk mengambil langkap pertama ya, berdo’a, susun strategi, dan pelajari dengan baik peluang-peluangnya.

Kalo temen-temen merasa artikel ini bermanfaat jangan ragu untuk share ya, tinggal klik ikon sosmed di bawah, agar kami bisa menyediakan artikel-artikel bermanfaat lainnya.

Leave a Reply