Jualan di Facebook untuk Pemula, Simak Berbagai Informasi Berikut

Jualan di Facebook menjadi suatu kegiatan yang banyak pedagang online lakukan saat ini. Hal ini karena Facebook sendiri merupakan salah satu platform media sosial yang memfasilitasi pedagang online.

Sehingga bukan hanya sebatas media sosial yang berguna untuk media komunikasi dan berbagai saja. Melainkan juga bisa berguna sebagai media yang bisa menambah penghasilan lewat berjualan.

Banyaknya pengguna Facebook dari berbagai negara di dunia, menjadikannya sebagai tempat berjualan yang efektif. Apalagi Facebook memfasilitasi penggunanya untuk berjualan melalui fitur marketplace.

Cara jualan di Facebook kini menjadi cukup mudah dan praktis. Meskipun ada e-commerce untuk melakukan layanan jual beli online, Facebook punya tempat sendiri bagi penggunanya.

Artikel bermanfaat lainnya klik di sini

Keuntungan Jualan di Facebook

Jualan di Facebook

Melakukan jual beli di platform Facebook kini banyak orang lakukan. Meski sudah ada e-commerce namun ternyata Facebook menawarkan berbagai keuntungan tersendiri. Apa saja keuntungan berjualan di platform Facebook ini? simak ulasan berikut ini.

Fitur yang berguna untuk melakukan jual beli di Facebook adalah fitur marketplace. Untuk menggunakannya, pengguna tidak perlu menggunakan biaya admin untuk menjual suatu produknya.

Hal ini tentunya menjadi salah satu keuntungan utama karena bisa meminimalisir dana yang keluar. Tentunya hal ini memberikan angin segar kepada para penjual online untuk menjajakan produknya dengan mudah dan murah.

Saat ini Facebook merupakan salah satu media sosial dengan pengguna aktif yang lebih dari 3 miliar pengguna. Hal ini merupakan bukti bahwa Facebook merupakan media sosial yang paling banyak orang gunakan.

Bahkan pengguna Facebook bisa terus naik setiap tahunnya dari berbagai negara di seluruh dunia. Hal tersebut merupakan peluang besar bagi para penjual online untuk menjangkau pasar lebih luas.

Jumlah pengguna yang banyak tersebut bisa menjadi salah satu target pasar untuk penjualan produk. Selain marketplace Facebook juga memberikan layanan beriklan dengan mudah. Jadi pebisnis bisa memanfaatkannya untuk menjangkau pasar global tersebut.

Facebook bisa membantu pembeli dan penjual untuk melakukan negosiasi. Entah sebagai bentuk keuntungan atau kekurangan bagi penjual, namun kemudahan ini perlu.

Kemudahan dalam melakukan negosiasi juga berperan untuk mendorong pembeli menjatuhkan pilihan pada produk Anda. Penjual hanya pintar-pintar saja bagaimana mengatur trik marketingnya.

Selain marketplace, Facebook juga mewadahi untuk membuat grup apa saja, termasuk grup jual-beli. Di dalamnya baik penjual maupun pembeli bisa menawarkan berbagai produknya dengan lebih mudah.

Bahkan produk yang penjual unggah di marketplace Facebook bisa mereka bagikan ke grup. Sehingga tidak perlu menulis ulang produk apa yang mereka jual.

Cara Memulai Jualan di Facebook untuk Pemula

Algoritma Facebook untuk Jualan

Algoritma Facebook sangat berpengaruh dengan konten jualan yang akan kita posting, sehingga kita harus mengetahui Algoritma Facebook agar konten yang kita posting dapat tersampaikan dengan optimal kepada audiens yang kita inginkan, Peta Rupiah akan membahas tersendiri tentang Algoritma Facebook yakni bagaimana agar postingan konten kita di Facebook bisa teroptimasi dengan baik, tunggu terus ya jangan sampai terlewat.

Memulai Jualan di Facebook

Ada banyak hal yang bisa orang lakukan untuk memulai usaha di Facebook. Cara mulai jualan di Facebook adalah suatu kegiatan yang mudah untuk penjual lakukan.

Tidak perlu ribet, pasalnya Facebook tidak punya aturan yang rumit untuk memulai jualan. Cukup lakukan posting foto produk dan deskripsinya untuk menjajakan ke target pasar.

Cara posting jualan di Facebook juga gampang sekali. Caranya cukup buka fitur marketplace dan ikuti berbagai langkah-langkahnya. Namun, lebih detailnya simak ulasan berikut agar bisnis Anda lebih profesional.

1. Gunakan Facebook Bisnis

Facebook menyediakan layanan untuk para penjual online dengan menggunakan halaman Facebook Bisnis. Sehingga para pembeli akan bisa lebih detail dalam mengetahui berbagai profil bisnis Anda.

Nah, untuk memulai berjualan maka perlu untuk membuat halaman dengan tipe akun bisnis. Pasalnya berbagai fitur untuk melakukan transaksi jual beli tersedia. Berikut cara untuk membuat akun Facebook Bisnis.

  1. Login ke akun Facebook;
  2. Pilih menu Halaman dan klik Buat Halaman Baru;
  3. Setelah muncul tampilan maka bisa melakukan pengisian sesuai perintah. Seperti nama bisnis, kategori, dan sebagainya;
  4. Lengkapi halaman dengan menggunakan foto profil dan sebagainya dengan benar kemudian klik Simpan;
  5. Proses selesai dan halaman bisnis sudah jadi. Untuk lebih bagus lagi lengkapi halaman tersebut agar bisa lebih mudah terjangkau konsumen. Seperti nomor WA, email, website, dan lain sebagainya.

2. Pakai Call to Action (CTA)

Menggunakan Facebook bisnis juga bermanfaat untuk membuat para pelanggan bisa terkoneksi dengan berbagai akun bisnis. Misalnya bisa terkoneksi secara langsung ke marketplace e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan sebagainya.

Pada halaman Facebook bisnis maka pengguna bisa membuat desain halaman semakin menarik. Dengan melakukan klik pada Tambahkan Tombol yang ada di bawah foto profil.

Selanjutnya akan muncul halaman pop-up dan bisa menambahkan tombol untuk menavigasi penjual ke produk dengan mudah.

  1. Pesan makanan, maka dapat mengarahkan langsung ke produk Anda di Grab Food;
  2. Pesan Sekarang, bisa mengarahkan langsung ke halaman toko online;
  3. Gunakan aplikasi, akan langsung mengarah ke aplikasi di Play Store atau App Store;
  4. Hubungi kami, akan mengarah ke halaman kontak toko;
  5. Kirim pesan, maka bisa melanjutkan ke chat Messenger, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Lakukan Jualan di Marketplace

Penjual juga bisa untuk langsung melakukan jualan pada fitur marketplace tanpa perlu membuat halaman bisnis. Namun nantinya pengguna harus siap jika akun pribadinya bercampur dengan bisnis.

Namun bukan masalah, banyak penjual yang juga sukses hanya berbekal upload di marketplace Facebook saja. Jadi bisa Anda manfaatkan untuk menggaet para pelanggan.

4. Jualan Langsung di Grup Jual Beli

Selain itu, bisa juga dengan langsung melakukan jualan di grup jual beli. Bisa mengupload produk atau bisa juga dengan membagikan link toko online atau marketplace.

Tips Cara Jualan di Facebook Laris

Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana cara jualan di Facebook agar laris. Inilah tips-tips simpel untuk para penjual pemula di Facebook.

1. Bisa Memanfaatkan Facebook Ads

Facebook menyediakan layanan untuk beriklan dengan mudah, yakni menggunakan Facebook Ads. Hasil dari layanan ini banyak yang menilai cukup efektif dan efisien untuk suatu promosi bisnis.

Namun tentunya tidak hanya sebatas melakukan iklan di Facebook saja. Ada hal lain juga yang perlu menjadi faktor pendukungnya. Perlu pebisnis ketahui, bahwa menggunakan Facebook Ads ini tidak gratis.

Namun tenang saja harga iklan di Facebook tidak mahal. Pasalnya pengguna bisa mengaturnya dan menyesuaikan dengan dana. Sistem bayarnya tergantung target pasar. Facebook menerapkan sistem cost per click (CPC).

2. Berikan Layanan Ramah dan Responsive

Sebagai penjual, maka berikan pelayanan yang ramah kepada calon pembeli. Baik mereka nantinya jadi membeli atau tidak, pelayanan yang ramah akan memiliki nilai tersendiri di hati konsumen.

Selain ramah maka juga perlu responsive. Itulah kenapa banyak penjual online yang mau membayar tenaga admin untuk mengelola toko online. Yang mana tugasnya adalah melakukan interaksi dengan calon konsumen dan para konsumen.

3. Selalu Perbaiki dan Jaga Kualitas dari Produk

Selain hal-hal eksternal paling penting adalah dari sisi produk sendiri. Pastikan produk Anda berkualitas bagus dan pasar memang membutuhkannya. Jadi, nantinya tidak akan mengecewakan pelanggan.

4. Memanfaatkan Berbagai Fitur Bisnis Jualan di Facebook

Pastikan untuk memanfaatkan berbagai fitur bisnis yang ada di Facebook. Akan lebih baik jika menggunakan semuanya. Misalnya membuat halaman Facebook bisnis, menggunakan layanan Facebook Ads, dan juga menjajakan produk di marketplace atau grup jual beli.

5. Menggunakan Tools yang membuat semua pekerjaan menjadi ter-otomatisasi

Terkadang Penjual terlalu sibuk untuk dapat melakukan semua tugas yang diperlukan untuk dapat mengoptimalkan Jualan di Facebook sehingga tidak semua tugas dapat terlaksana dengan optimal, untuk itu diperlukan Tools yang dapat membantu semua pekerjaan menjadi otomatis, salah satu Tool yang sangat berguna adalah Faceboost yang memiliki fitur yang sangat berguna bagi para pedagang online di Facebook, fitur-fitur tersebut adalah:

  • AUTO POST TO GROUP 
    Kirimkan postingan promosi Anda berupa teks saja, gambar, video dan link ke group-group yang Anda sudah bergabung didalamnya. Anda juga dapat mengkolaborasikan format postingan menjadi satu (Text + Image + Video + Link)
  • AUTO ADD FRIENDS 
    Tambahkan orang – orang secara otomatis, Dan bangun interkasi Anda untuk lebih mempererat hubungan dengan orang-orang yang Anda tambahkan.
  • AUTO INBOX FRIENDLIST  
    Kirimkan pesan ke daftar teman yang Anda miliki saat ini berupa inofrmasi – informasi dalam pesan teks, link, gambar, poster, mock-up atau banner promosi Anda agar mereka mengetahui lebih cepat dan agar interkasi Anda menjadi lebih baik.
  • AUTO JOIN GROUP 
    Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu Anda untuk “klik join” ke banyak group – group potensial yang Anda inginkan. Cukup sekali klik saja, software ini akan secara otomatis berjalan dan Anda bisa melakukan aktifitas penting lainnya.
  • SEARCH GROUP BY KEYWORD  
    Cari target group-group yang Anda ingin bergabung didalamnya dengan menggunakan keyword (kata kunci nama group). Anda juga dapat melihat berapa jumlah anggota/member & postingan per harinya pada masing – masing group.
  • AUTO LIST MARKETPLACE 
    Dengan fitur list auto marketplace Anda dapat dengan mudah upload produk jualan Anda ke marketplace secara masal dengan begitu Anda bisa mendominasi marketplace sehingga meningkatkan penjualan.
  • AUTO SHARE POST
    Gunakan fitur auto share, Untuk share produk/bisnis yang Anda jalani dengan mudah, jika semakin banyak “share” , maka peluang untuk mendapatkan keuntungan juga semakin banyak.
  • AUTO BUMP POST 
     
    Dengan fitur auto bump post Anda bisa komentar/Sundul postingan Anda, Baik postingan profil atau pun postingan di group, Dengan begitu postingan kita akan selalu di atas pada halaman grup tersebut jadi anggota grup bisa selalu melihat postingan kita.

Tools ini sangat bermanfaat bagi para pedagang online, dan sangat mungkin sekali para kompetitor Anda sudah menggunakannya, jadi jangan sampai Anda tidak memanfaat Tools ini.

Pasang Iklan di Facebook

Seperti yang sudah ada dalam pembahasan sebelumnya. Salah satu cara jualan di Facebook untuk pemula adalah dengan memanfaatkan layanan iklan di Facebook. Yakni menggunakan layanan Facebook Ads, baca juga Iklan di Tokopedia | Cara Mengoptimalkan TopAds

Meskipun berbayar, namun layanan Facebook Ads ini banyak sekali pebisnis gunakan di masa kini. Pasalnya Facebook Ads bisa menghubungkan berbagai akun bisnis agar pembeli lebih mudah menemukannya.

Beriklan menggunakan Facebook Ads cukup efektif dan efisien untuk para penjual online. Jadi, tidak ada salahnya memanfaatkan layanan iklan tersebut jika jualan masih belum berkembang.

Itulah beberapa informasi terkait dengan jualan di Facebook. Semoga informasi tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan, Action sekarang agar segera cuan, jangan ditunda-tunda lagi ya apabila Artikel ini memberikan manfaat bagi Anda, jangan ragu untuk share ke media sosial temn-temen ya, tinggal tekan tombol ikon medsos di bawah agar kami bisa menyediakan artikel bermanfaat lainnya.

Leave a Reply