Jualan di Shopee Bisa Bikin Banjir Orderan, Begini Tipsnya

Jualan di Shopee kini menjadi salah satu tren bisnis yang marak digunakan pada penjual. hal ini karena Shopee merupakan salah satu layanan aplikasi e-commerce yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Menurut iPrice.com pada tahun 2020 lalu, Shopee menduduki peringkat pertama. Yakni sebagai marketplace yang memiliki banyak pengguna, yaitu sebesar 96,5 juta pengguna.

Oleh sebab itu, perlu sekali bagi penjual untuk memiliki akun di Shopee sebagai penjual, sehingga dalam menjajakan produknya dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan cara yang praktis, dan bagi Anda yang sudah berjualan di Shopee namun masih sepi pembeli, bisa simak tips berikut. Mungkin saja sebagai penjual masih belum memahami banyak hal terkait dengan bisnis di platform ini.

Baca Juga: Agar Kebjiran Order, Jualan di Facebook dengan memanfaatkan Algoritma

Tips Jualan di Shopee Bisa Maksimal

Nah, untuk membantu agar jualan di Shopee bisa membuat bisnis berkembang ada beberapa caranya. Berikut ini tips yang perlu seller Shopee lakukan agar bisa mendapatkan pasar yang luas. Tips ini kami ambil dari laman resmi Shopee.

Baca Juga: Produk Terlaris di Shopee 2021

1. Gunakan Harga yang Kompetitif

Jualan-di Shopee

Ketika mencari suatu produk, tentunya mayoritas pembeli akan melihat bagian harga. Namun demikian, maksud dari harga tersebut bukan hanya sebatas murah kemudian namun kualitas minus.

Jadi pakai harga yang kompetitif, misalnya tidak terlalu menaikkan dan menurunkan harga. Pastikan standarnya harga sesuai dengan pasarannya atau kalau memang berbeda, Anda bisa menjual kualitasnya.

Harga kompetitif bukan berarti menurunkan harga ke yang paling murah. Tapi yang tepat dengan kualitas yang bagus pula. Jangan mengecewakan pembeli, itu yang utama.

2. Jelaskan Detail Produk dengan Menarik

Jualan-di Shopee

Ketika hendak mengunggah produk pastinya penjual perlu mengisi detail produknya. Pastikan sudah mengisi semuanya, dan gunakan bahasa seinformatif mungkin.

Misalnya produk adalah pakaian. Maka bisa membuat gambar yang menarik kemudian tulisan detail produk juga lengkap seperti ukuran, warna, spesifikasi bahan, dan sebagainya.

Sebagai pembeli pasti akan menyukai hal yang informatif terkait detail produk. Daripada harus melakukan chat dahulu ke admin, tentunya akan memerlukan waktu yang panjang. Dan beberapa pembeli melewatkan hal demikian dan memilih yang lebih jelas.

3. Gunakan Fitur Naikkan Produk

Pada aplikasi Shopee, penjual bisa menggunakan fitur naikkan produk untuk membuat produk tampil di hasil pencarian. Fitur ini bisa memberikan kesempatan kepada pengguna untuk produknya terlihat konsumen.

Menariknya fitur ini tersedia secara gratis. Namun hanya dapat pengguna pakai untuk maksimal 5 produk selama 4 jam sekali. Caranya bisa Anda lakukan secara bergantian agar semua produk bisa naik pada peringkat teratas pencarian.

Namun terkadang masalahnya penjual maupun admin penjual terlupa untuk menggunakan fitur ini ataupun belum bisa melakukannya secara konsisten, hal ini bisa disiasati dengan menggunakan tools penunjang yang mampu melakukannya dengan cara otomatis, sehingga dengan satu kali setting, fitur naikan produk dapat dilakukan secara konsiten, bahkan banyak fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan dengan tools-tools tersebut, salah satu tools yang layak dicoba adalah SoperBos

4. Gunakan Layanan Gratis Ongkir dan Voucher Toko Jualan di Shopee

Tips selanjutnya adalah memanfaatkan layanan gratis ongkir dan voucher toko untuk menarik minat pembeli. Karena pembeli akan mencari produk yang memiliki banyak diskon.

Untuk mengajukan produk dengan layanan gratis ongkir maka penjual perlu melakukan pendaftaran dahulu. Maka lengkapi dengan cara memilih menu gratis ongkir Xtra pada halaman utama.

Selanjutnya pilih menu Semua Gratis Ongkir dan lihat sampai bagian bawah. Nanti akan menemukan Daftar Sekarang dan silakan mengkliknya. Selanjutnya maka penjual bisa menunggu layanan gratis ongkirnya akan berproses.

Selain gratis ongkir bisa juga dengan menggunakan voucher toko yang akan memberikan diskon untuk pembeli. Caranya klik Toko SayaPromosi Saya – pilih Voucher untuk membuat voucher pada toko.

5. Promosi ke Sosial Media

Baca juga: Pasang Iklan di Shopee, Bisa Naikin Performa Toko Online

Dalam memasarkan produk jangan hanya memasarkan di aplikasi Shopee saja. Pengguna bisa menggunakan aplikasi sosial media lainnya untuk mengarahkan pembeli ke toko Shopee.

Seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lainnya menggunakan suatu link khusus. Atau bisa juga dengan mencantumkan link toko pada bio Anda di media sosial.

Demikian beberapa informasi terkait tips jualan di Shopee agar bisa menjangkau banyak pembeli. Semoga bisa mengaplikasikan dan bisa membantu mengembangkan toko Anda.

Leave a Reply