Jualan di Tokopedia Laris, Ilmu Ini Harus Temen-temen Kuasai

Jualan di Tokopedia merupakan salah satu usaha untuk mengembangkan bisnis ke ranah yang lebih luas. Pasalnya, media marketplace online kini menjadi salah satu sarana membuat bisnis bisa menjangkau pasar global.

Bahkan siapapun yang memulai bisnis kini bisa dengan cara yang lebih murah dan praktis. Penjual tidak harus memiliki gerai toko kemudian membuka lapaknya. Cukup orang lakukan secara online, dari mana saja tanpa ribet.

Jualan di Tokopedia | Tips untuk Pemula maupun untuk Seller Tokopedia

Jualan di Tokopedia

Bagi temen-temen yang menjual produk melalui Tokopedia, kami akan membagikan beberapa tips penting. Tips berikut akan membantu membuat jualan bisa laris manis jika mengaplikasikannya dengan tepat. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Algoritma Facebook | Tips Bikin Kebajiran Order

1. Ikuti Pusat Edukasi Tokopedia maupun Pelatihan Jualan di Tokopedia

Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula

Jangan lupa untuk ikut kelas/pelatihan agar bisa mendapat berbagai ilmu bisnis. Untuk membuat lebih efektif dan efisien maka perlu mengikuti kelas online/webinar bahkan ada yang gratis.

Tokopedia menyediakan lama khusus untuk mengedukasi para sellernya yakni Pusat Edukasi Seller, sebelumnya juga Tokopedia menyediakan kelas online gratis untuk para seller namanya Program SKS (Sekolah Kilat Seller). Di kelas-kelas ini antara penjual dan para mentor bisa saling sharing terkait kiat sukses jualan online.

Sedangkan untuk temanya ada banyak. Mulai dari pembuatan toko, tips mendapatkan konsumen pertama, bikin promo, dan sebagainya. Tips ini cocok untuk penjual yang masih pemula dan penjual lama yang tak kunjung mendapatkan orderan.

Selain itu banyak lagi sarana untuk belajar jualan di marketplace, salah satu yang mungkin layak untuk dibaca adalah buku adalah Kaya Dari Marketplace oleh mas Muhammad Iqbal

2. Bikin Branding untuk Toko

Setelah mengikuti kelas bisnis maka penjual bisa memulai untuk membuat branding tokonya. Brand merupakan apapun yang berkaitan dengan perusahaan. Bisa dari sisi produk, atribut, layanan, dan sebagainya.

Brand berguna sebagai identitas produk agar konsumen bisa mengenalinya dengan mudah. Identitas brand ini seperti logo, warna, kemasan, tipografi, dan sebagainya. Selain itu brand juga bisa selalu melekat di pikiran konsumen saat melihat suatu produk.

Meskipun sebatas jualan di Tokopedia, penjual harus berinovasi untuk perkembangan bisnisnya ke depan. Jadi marketing tidak hanya dari Tokopedia saja, bisa bersinergi dengan sosmed. Nanti mengarahkan linknya ke halaman Tokopedia.

Saat ini untuk membuat logo sudah sangat mudah dan bahkan gratis, aplikasi yang paling populer untuk desain salah satunya adalah Canva

3. Siapkan Produk Kemudian Upload Gambar yang Tepat

Jualan di Tokopedia

Persiapkan list produk pada setiap barang yang akan temen-temen jual. Buat list produk yang baik, sehingga potensi produk untuk konsumen temukan akan lebih besar. Hal ini nantinya juga akan menjadi salah satu faktor penentu apakah konsumen membeli produkmu/tidak.

Selanjutnya jangan lupa juga bikin gambar produk semenarik mungkin. Usahakan menggunakan foto asli bukan foto ambil dari internet. Upload gambar bersamaan dengan berbagai detail produk yang menarik agar lebih profesional.

Untuk para seller yang memiliki produk namun belum memiliki konten foto yang menarik mungkin bisa menggunakan jasa foto produk yang berkualitas namun terjangkau salah satu jasa foto produk yang sangat patut sekali untuk dicoba adalah nagari studio yang memiliki slogan Layanan “Foto Produk Semau Anda, Bayar Suka-Suka. UMKM Bisa!” dengan layanan foto produk mulai dari 10 ribuan bahkan ada program foto produk gratis untuk UKMK dengan syarat dan ketentuan yang berlaku

4. Maksimalkan Jualan di Tokopedia dengan Berbagai Fitur Tersedia

Seller bisa memaksimalkan berbagai fitur yang Tokopedia sediakan. Apalagi jika temen-temen sudah mengikuti kelas bisnis online dari Tokopedia, pasti lebih memahami. Misalnya seperti mendaftarkan produk agar bebas ongkir.

Promo gratis ongkir tentunya banyak konsumen sukai, jadi bisa memanfaatkan layanan ini. Selain itu bisa juga dengan mempercantik toko dengan fitur dekorasinya.

Seperti memperindah tampilan halaman beranda toko. Pasalnya jika nantinya konsumen melihat beranda toko temen-temen, pasti akan lebih yakin karena terkesan profesional.

5. Kelola Toko dengan Halaman Tokopedia Seller

Penjual bisa melakukan akses ke halaman Tokopedia Seller. Pada tampilan halaman Tokopedia Seller, nantinya penjual akan lebih terbantu dengan berbagai hal, dan untuk HP android bisa download di sini

Seperti mengatur performa harian toko, memanajemen stok produk, mencari berbagai event terbaru dan sebagainya. Sehingga dari halaman ini penjual akan mendapatkan hasil kinerja tokonya seperti apa.

Nanti, hal ini bisa membantu proses evaluasi dan melakukan tindakan ke depannya yang lebih menghasilkan. Bisa juga melakukan pembukuan atau pelaporan keuangan secara lebih praktis dan mudah.

6. Pantau dan Lakukan Evaluasi secara Berkala

Jangan hanya puas atau diam saja. Lakukan evaluasi secara berkala pada toko temen-temen. Cari, apa saja yang sekiranya masih kurang dan tidak pas untuk kinerja toko. Nah, kemudian bisa untuk memperbaikinya.

Sekarang tips yang mana yang langsung temen-temen praktekan? Bagi temen-temen yang sudah menjadi seller maupun yang masih Pemula di Tokopedia semoga artikel ini bermanfaat, dan apabila menurut temen-temen artikel ini dapat memberikan manfaat bagi temen-temen maupun yang lainnya silahkan share dengan menekan tombol icon sosmed di bawah untuk mensupport kami menyediakan artikel bermanfaat lainnya.

Leave a Reply